Lezatnya Resep Hayam Bakakak Khas Jawa Barat Buatan Rumahan

Indonesia terkenal dengan masyarakatnya yang suka menggunakan bahan rempah-rempah untuk meningkatkan cita rasa terutama dalam sebuah resep hayam bakakak khas Jawa Barat. Terlebih jika ditelusuri lebih dalam banyak varian resep Nusantara yang memiliki karakteristik dan cita rasanya sendiri-sendiri untuk memanjakan lidah setiap orang baik itu masakan kering maupun berkuah.

Jika kita lihat masakan kering dapat melalui proses pengolahan melalui penggorengan, pembakaran, pemanggangan maupun pengasapan. Lalu untuk masakan berkuah, kamu sudah mengetahuinya orangnya pengolahannya tidak memiliki banyak bentuk. Hayam bakakak sendiri masuk dalam kategori masakan spesial karena proses pembuatannya melalui tahap pengukusan dan pemanggangan.

Kedua tahap pengolahan tersebut tentunya bertujuan untuk membuat bumbu meresap dan daging menjadi lebih empuk ketika dimakan. Banyak varian pengolahan resep selain resep hayam bakakak khas Jawa Barat menggunakan cara tersebut untuk dapat menonjolkan maupun meningkatkan cita rasa masakan dari rempah-rempah dan bumbung halus dalam suatu hidangan.

Kamu tentu saja dapat membuatnya sendiri di rumah dengan bahan-bahan sederhana tapi tetap terasa nikmat saat dimakan bersama nasi. Tapi perlu diingat karena menggunakan tahap pengukusan dan pemanggangan, alat masak yang dibutuhkan juga harus sesuai dengan kriteria agar bumbu dapat meresap dengan baik ke dalam daging ayam.

Cara Pengolahan Resep Hayam Bakakak Khas Jawa Barat

Dapat membuat ayam bakakak kamu harus mempersiapkan bahannya terlebih dahulu yaitu ayam utuh yang dibelah tengahnya. Saran ayam jam dapat menggunakan ayam kampung agar daging dapat terasa lebih empuk dan nikmat. Lalu selanjutnya siapkan santan kental 500 mili, 1 batang serai, 2 lembar daun jeruk dan salam, 500 mili air, garam serta gula pasir secukupnya.

Setelah itu untuk bumbu halusnya siapkan 4 siung bawang putih, 8 siung bawang merah, 3 butir kemiri. Jangan lupakan juga 1 ruas lengkuas, 1 ruas jahe, 1 sdt ketumbar dan 1 sdt merica lalu haluskan semua bumbu tersebut untuk nantinya digunakan saat ingin mengungkep ayam. Namun sebelum itu kamu harus melumuri ayam dengan 3 siung bawang putih, 1 sdm garam dan 1 ruas kunyit selama ±30 menit.

Langkah mengolah resep hayam bakakak khas Jawa Barat selanjutnya adalah dengan menumis bumbu halus beserta santan dan bahan lainnya sampai menghasilkan aroma harum. Lalu masukkan ayam yang sudah didiamkan sebelumnya ke dalam wajan tersebut dan tunggu sampai bumbu meresap. Tunggu saja sampai bumbu terlihat meresap dan bumbu santan menyusut.

Saat bumbu sudah meresap ke dalam daging ayam, lanjutkan langkah dengan memanggang ayam sampai berwarna kecokelatan. Di tahap ini kamu bisa mengolesi ayam secara terus menerus agar bumbu lebih menonjolkan cita rasa ayam bakakak khas Jawa Barat. Jika sudah sekiranya terlihat matang maka ayam siap dihidangkan bersama dengan lalapan segar lainnya.

Karakteristik Cita Rasa Hayam Bakakak Khas Jawa Barat

Pada dasarnya setiap olahan daging pasti memiliki cita rasa yang khas dan hal tersebut tidak terkecuali bagi olahan resep hayam bakakak khas Jawa Barat sederhana. Resep ini bisa kamu coba sendiri di rumah karena cara pengolahannya mudah dan menggunakan bahan-bahannya dapat ditemui di mana saja. Dijamin rasa ayam tidak akan kalah dengan menu hidangan restoran ternama lainnya.

Dengan rasa unik kamu dapat merasakan gurih asin namun tetap terasa harmonis. Tentu saja rasa tersebut dapat disesuaikan dengan selera masing-masing. Terlebih dengan adanya lalapan dan sambal maka kamu akan dapat merasakan hidangan spesial yang dapat dimakan bersama nasi hangat. Hidangan ini juga dapat disajikan untuk sebuah perayaan atau acara tertentu bersama keluarga.

Jika kamu ingin melihat varian resep hayam bakakak khas Jawa Barat lainnya, di internet sudah banyak orang memberikan artikel mengenai varian mereka yang bisa kamu jadikan referensi. Tentu saja setiap orang memiliki dasar pengolahan yang sama namun hasil akhirnya akan tetap memberikan rasa berbeda walaupun beberapa bumbu dan teknik pengolahannya sama.

Kamu juga dapat variasi resep yang sudah ada dengan selera kulinermu sendiri seperti menambahkan rempah agar dapat lebih menonjolkan cita rasa masakan Indonesia. Kamu dapat memulai bisnis dengan berjualan ayam bakar menggunakan resep mie sendiri. Cita rasa yang khas akan dapat memancing minat banyak orang untuk mencicipi masakan dari Jawa Barat tersebut.

Hayam Bakakak Memiliki Sejarah dan Cerita Unik Dibalik Kelezatannya

Pada dasarnya bakakak sendiri diartikan dengan duduk bersila dalam bahasa Sunda, sehingga asal-usul kenapa hidangan ini disebut sebagai ayam bakakak adalah karena ayam dibuat terbelah di tengah dengan posisi paha menyilang seperti sedang duduk bersila. Selain itu resep hayam bakakak khas Jawa Barat jika sering digunakan pada saat suatu perayaan tertentu.

Kultur budaya orang Sunda atau wilayah Jawa Barat biasanya menggunakan ayam bakar sebagai hidangan pada suatu perayaan pernikahan. Nantinya mempelai pria dan wanita akan memakan hidangan ayam tersebut di saat upacara ijab qabul untuk ritual budaya kepercayaan mereka. Hidangan dimakan tanpa nasi sehingga mempelai pria dan wanita dapat memakannya sesuap atau dua suap.

Selain digunakan saat upacara pernikahan hidangan hayam bakakak juga dapat digunakan pada suatu perayaan adat atau sunatan yang menjadi sebuah berkah di hari kebahagiaan. Tentu saja hal ini menjadi adat budaya masyarakat Sunda khususnya daerah Pandeglang yang secara turun-temurun data tersebut sudah diturunkan sehingga resep hayam bakakak khas Jawa Barat tetap orisinil.

Seperti yang kita ketahui jika adat pernikahan setiap wilayah memiliki karakteristiknya sendiri-sendiri baik itu di Jawa tengah maupun Jawa Barat. Tetapi tetap saja kedua wilayah memiliki perbedaan budaya dan cara mensyukurinya sendiri-sendiri. Jika kamu tertarik dengan adat budaya pernikahan tersebut maka tidak ada salahnya menggunakan hidangan ayam bakakak sebagai berkah pernikahan.

Hidangan Hayam Bakakak hanya Ditemui di Beberapa Tempat Khusus

Dari banyaknya hidangan kuliner Nusantara yang ada di Indonesia, ayam bakakak menjadi salah satu hidangan yang jarang ditemui di manapun kamu mencarinya. Walaupun begitu tetap ada beberapa restoran ternama yang mampu menyajikan hidangan ini sebagai menu utama. Hal ini disebabkan karena banyak orang tidak mengetahui bagaimana keistimewaan hidangan yang satu ini.

Tapi tenang saja karena resep hayam bakakak khas Jawa Barat tetap bisa kamu buat sendiri dengan resep yang sudah disediakan sebelumnya atau mencarinya sendiri di internet. Jika dilihat dari cara pengolahannya memang sulit maka tidak ada salahnya mencoba mengolah resep ini karena mampu memberikan cita rasa yang khas dan berbeda dari olahan daging ayam lainnya.

Perlu diperhatikan jika ayam kampung lebih disarankan karena dapat memberikan rasa nikmat daripada ayam lainnya. Lalu jika ingin membuat bisnis menggunakan resep hayam bakakak, sebaiknya perhatikan kualitas bahan dan produk agar tidak membuat para pelanggan menyesal. Keunikan rasa manis gurih asin yang khas akan tetap selalu menarik untuk dirasakan para pecinta kuliner.

Karena jarang ditemui di tempat-tempat lainnya, maka tentu saja ini menjadi ide bisnis yang bagus untuk kamu coba. Mulai dari dasar dengan membuka warung makan di rumahmu dan promosikan kelezatan ayam bakar kepada semua orang. improvisasikan resep hayam bakakak khas Jawa Barat menjadi variasimu sendiri agar dapat menarik banyak pelanggan.