Resep Makanan dan Minuman Khas Jawa Barat

Resep makanan dan minuman khas Jawa Barat bisa menjadi alternatif pengobat rindu dikala pandemi memaksa semua orang untuk tidak keluar rumah. Jangankan untuk liburan, dimasa-masa seperti ini pemerintah menganjurkan setiap orang untuk tetap tinggal dirumah demi kesehatan bersama.

 

Jika kita boleh mengingat kembali, awal Maret 2019 silam dua orang Indonesia untuk pertama kali diketahui positif virus corona. Virus ini menyebar dengan cepat, bahkan hingga detik ini ketika vaksin sudah mulai disebar tetap saja ada pembatasan-pembatasan diberbagai daerah.

 

Terlebih untuk sektor wisata, beberapa tempat wisata bahkan mengharuskan pengunjungnya untuk membawa bukti rapid dengan hasil negatif jika ingin berkunjung. Misalnya saja tempat wisata Kebun Raya Bogor, salah satu wisata alam di Jawa Barat.

 

Membahas tentang wisata tentu tidak lepas dari kuliner khas daerah tersebut, misalnya saja Bogor yang terkenal dengan bolu talas, mie kuning, serta lumpia basahnya. Kuliner bisa menjadi satu alternatif pengobat rindu. tidak perlu pergi jauh-jauh Kamu bisa langsung memasak resep makanan dan minuman khas Jawa Barat sendiri di rumah berikut resepnya.

 

Tahu Gejrot hingga Seblak, Jajanan Jawa Barat yang Sudah Tersebar di Seluruh Pelosok Indonesia

Makanan ringan atau disebut juga dengan jajanan, merupakan jenis makanan yang biasa disantap disela-sela jam makan. Makanan ini identik dengan porsi kecil dengan rasa yang beragam. Namun bagi sebagian orang cemilan juga bisa mengenyangkan, misalnya saja seblak, cemilan khas Bandung, Jawa Barat.

 

Kamu tentu tidak asing dengan jajanan dengan cita rasa gurih pedas ini. Seblak, salah satu resep makanan dan minuman khas Jawa Barat yang disukai banyak orang. Seblak sendiri sudah ada di daerah Cianjur sejak zaman penjajahan. Bahan dasar utama seblak yaitu kerupuk. Bukan sembarang kerupuk, kerupuk yang menjadi ciri khas seblak berwarna orange berbahan dasar udang.

 

Sosis, bakso, ceker, kwetiau, mie, hingga jamur tiram kerap di jadikan bahan tambahan untuk makanan satu ini. Cara mengolahnya pun cukup mudah pertama Kamu perlu menyiapkan bumbu basah yaitu bawang putih, bawang merah, kencur, kecap manis, cabe sesuai selera, lada, daun jeruk, saus pedas, penyedap rasa, gula dan garam.

 

Haluskan semua bumbu menjadi satu, kemudian tumis bumbu hingga harum. Tambahkan air 250ml, masukan telur kemudian orak-arik. Masukan juga sawi, sosis, bakso, ceker, mie dan bahan-bahan lain sesuai selera. Terakhir masukkan kerupuk udang orange sebagai ciri khas utama seblak Bandung.

 

Resep di atas merupakan resep seblak sederhana, Kamu bisa mendapat ragam variasi seblak lain di resep makanan dan minuman Khas Jawa Barat yang ada di internet.

 

Tidak hanya seblak, jajanan khas Jawa Barat lain yang sederhana serta sangat mudah dibuat yaitu Tahu Gejrot. Seperti namanya, jajanan asli Desa Jatiseeng, Ciledug, Kabupaten Cirebon ini berbahan dasar tahu gembos. Selain tahu gembor, Kamu perlu menyiapkan beberapa bahan dibawah ini.

 

Bahan Kuah Siram Coklat:

  1. ¼ gula merah
  2. 2 sdm kecap manis
  3. Asam jawa secukupnya
  4. Garam

 

Bumbu uleg:

  1. Bawang putih
  2. Bawang merah
  3. Cabe rawit sesuai selera

 

Pertama goreng tahu gembos hingga berwarna ke-emasan, kemudian tiriskan. Buat kuah siram dengan merebus gula merah, kecap manis asam jawa, serta garam dalam 500 ml air hingga tercampur semua. Uleg agak kasar bawang putih, bawang merah, cabe sesuai selera.

 

Tambahkan potongan tahu gembos diatasnya, terakhir siram dengan kuah coklat. Aduk hingga semua tahu terlumuri bumbu, tahu gejrot siap dinikmati. Tahu Gejrot cocok dinikmati kapan saja dan dimana saja.

 

Resep Makanan Khas Jawa Barat Mudah dan Cepat

Setelah membahas resep jajanan kini kita beralih ke resep makanan dan minuman khas Jawa Barat yang lainnya. Makanan khas Jawa Barat bisa terbilang bervariasi, mulai dari olahan sayur hingga daging.

 

Makanan pertama yang akan kita bahas yaitu Karedok. Karedok sendiri merupakan salad ala Sunda. Berbeda dengan salad ala barat yang menggunakan minyak sayur atau minyak zaitun sebagai campuran, karedok menggunakan saus kacang sebagai bumbu pelengkap.

 

Hampir mirip dengan pecel khas Jawa Tengah, bedanya karedok menggunakan sayur mentah sebagai bahan utama. Karedok sendiri terbagi menjadi 3 jenis yaitu Karedok Terong, Leunca, serta Kacang Panjang.

 

Sayur yang digunakan untuk karedok jenis leunca tentu saja buah leunca. Biasanya dipilih buah leunca yang masih hijau atau tidak terlalu matang. Sedangkan pada jenis karedok terong, irisan terong mentahlah yang menjadi bahan utama ditambah dengan mentimun taoge serta kubis.

 

Terakhir karedok kacang panjang, karedok jenis ini didominasi oleh isian kacang panjang ditambah mentimun. Dalam berkembangnya zaman, karedok isian karedok juga menyesuaikan selera masyarakat sekitar. Sehingga tidak heran di beberapa daerah Indonesia, karedok ditambah juga dengan sayur lain serta kerupuk.

 

Makanan yang resepnya pasti muncul ketika kamu mencari Resep makanan dan minuman khas Jawa Barat di internet adalah Sate Maranggi. Sekilas sate sapi ini tidak ada bedanya dengan sate lain, bedanya sate ini melalui proses marinasi yang cukup lama sehingga menghasilkan sate yang juicy, empuk, serta penuh cita rasa.

 

Bahan utama membuat sate ini tentunya daging sapi yang dipotong kotak kecil-kecil. Kamu juga bisa menambahkan lemak sapi untuk menambah aroma sate ketika dipanggang. Kemudian siapkan bumbu marinasi dibawah ini.

 

  1. ¼ gram gula merah atau gula jawa.
  2. 5 siung bawang putih
  3. 5 sing bawang merah
  4. 3 ruas jari jahe
  5. 3 ruas jari lengkuas
  6. Air asam jawa secukupnya
  7. Garam
  8. Gula

 

Haluskan semua bumbu di atas kemudian balurkan pada daging sapi yang telah ditusuk. Tutup dengan daun papaya, diamkan selama 3-4 jam hingga bumbu menyerap sempurna. Jangan lupa siapkan juga sambal untuk olesan sate yaitu cabe sesuai selera, tomat, dan garam.

 

Panggang sate sapi diatas arang yang sudah menyala, bolak-balik jangan sampai gosong. Sajikan dengan sambal, nasi atau ketan hangat. Sate maranggi ala Sunda siap kamu nikmati, sajian ini cocok dimakan selagi hangat.

 

Wajib Coba Minuman Menyegarkan Khas Jawa Barat

Makan sate waktu malam cocok ditemani dengan minuman rempah khas Jawa Barat yaitu Bandrek. Bandrek sendiri selalu masuk dalam jajaran resep makanan dan minuman khas Jawa Barat. Konon katanya minuman ini lahir dari penduduk dataran tinggi, Jawa Barat.

 

Dataran tinggi identik dengan suhunya yang dingin, bandrek minuman yang berbahan dasar jahe ini digunakan oleh orang sekitar untuk menghangatkan tubuh mereka. Kamu yang ingin mencoba bandrek tidak perlu jauh-jauh pergi ke dataran tinggi Jawa Barat untuk menikmatinya.

 

Buat saja sendiri bandrek dirumah dengan menyiapkan jahe yang telah dibakar, gula merah, dan kayu manis. Rebus ketiga bahan itu menjadi satu, minum selagi hangat. Kamu juga bisa menambah bahan lain seperti telur ayam kampung, sereh, kapulaga, dan lain-lain untuk menambah cita rasa.

 

Beralih dari minuman yang menghangatkan badan, Jawa Barat juga memiliki minuman khas yang menyegarkan dikala terik matahari menyerang, Es Cendol namanya. Berbeda dengan kembarannya es Dawet yang terbuat dari tepung beras, Es Cendol yang resepnya bisa kamu temui di buku resep makanan dan minuman khas Jawa Barat ini terbuat dari bahan tepung hunkwe atau tepung kacang hijau.

 

Tepung hunkwe yang dimasak hingga mengental dengan tambahan air daun pandan, air ekstrak daun suji untuk pewarna, sedikit tepung kanji, air kapur sirih, dan garam secukupnya. Apabila sudah mengental kamu bisa mencetak cendol dengan memanfaatkan saringan dan air es.

 

Rebus juga santan kelapa, daun pandan, sedikit garam untuk cendol. Sebagai pelengkap dan penambah rasa manis kamu bisa menggunakan campuran gula merah dan air yang telah dimasak hingga sedikit mengental. Jangan lupa tambahkan es batu halus dan cendol siap dinikmati.

 

Resep Makanan dan Minuman Khas Jawa Barat lain yang Mudah dan Cepat

Selain makanan dan minuman di atas, Jawa Barat memiliki menu lain yang pastinya bisa dengan mudah kamu buat sendiri di rumah. Salah satunya adalah combro atau oncom dijero (oncom di dalam).

 

Seperti namanya, makanan ini berbahan dasar oncom untuk isiannya sedangkan kulit luarnya terbuat dari singkong yang telah dihaluskan. Cara memasaknya cukup mudah, siapkan beberapa bahan untuk adonan luar dibawah ini.

 

  1. 1 kg singkong haluskan
  2. Parutan kelapa setengah tua
  3. Garam
  4. Bawang putih 3 siung
  5. Bawang merah 3 siung
  6. Kencur 1 ruas jari

 

Sedangkan untuk isian combro, menggunakan bahan-bahan dibawah ini.

  1. Oncom
  2. Bawang merah dan bawang putih masing-masing 5 siung.
  3. Cabai rawit sesuai selera
  4. Lada, garam, gula secukupnya
  5. Daun bawang dan kemangi

 

Pertama Kamu perlu membuat isian oncom dengan menumis semua bahan untuk isian hingga harum. Selagi menunggu isian agak dingin, buat kulit luarnya dengan menghaluskan bawang putih dan bawang merah. Campurkan dengan singkong dan parutan kelapa.

 

Ambil 1-2 sendok makan adonan luar pipihkan, kemudian isi dengan oncom, bentuk menjadi bulat-bulat. Lakukan berulang hingga adonan habis. Panaskan minyak goreng dan goreng hingga combro berwarna kuning keemasan.

 

Selain combro, makanan khas Jawa Barat lainnya yaitu lotek, pepes tahu, pesmol ikan nila, nasi tutug oncom dan masih banyak lagi. Untuk minuman ada es Oyen, es cincau, bir rempah dan lain-lain. Semua resep makanan dan minuman khas Jawa Barat tersebut dapat dengan mudah kamu temui di internet maupun buku-buku resep.