Resep Aneka Sambal Khas Jawa Barat Populer dan Sedap

 

Resep Aneka Sambal Khas Jawa Barat cukup populer bahkan di banyak sudah banyak dikenal oleh daerah lain. Ada banyak makanan khas yang menggunakan sambal khas dari setiap daerah karena dapat menambahkan rasa nikmat pada setiap makanan. Sambal juga menjadi ciri khas dari negara Indonesia.

Kaya akan rempah-rempah membuat negara Indonesia memiliki banyak ide untuk dijadikan sebagai makanan khas dari masing-masing daerah. Sambal ini juga menjadi tambahan yang tidak kalah penting bagi hampir kebanyakan masyarakat. Penikmat dari sambal terhitung cukup banyak dan luas.

Oleh karena itu, ada yang mengatakan bahwa jika makan tanpa sambal akan terasa kurang nikmatnya. Di Pulau Jawa ada satu daerah yaitu Jawa Barat yang memiliki sambel khas dengan penikmat cukup banyak. Resep aneka sambal khas Jawa Barat serin dicari karena cukup unik dan meninggalkan kesan tersendiri bagi para penikmatnya.

Jawa Barat memiliki makanan khas yang terkenal cukup gurih dan pedas. Ini dikaitkan karena daerah Jawa Barat yang kebanyakan dalam suhu rendah sehingga ketika makan hanya dengan nasi putih, ikan asin goreng dan sambal sudah membuat warga disana merasa sangat nikmat makan.

Sambal Dadak yang Segar Karena Irisan Jeruk Limo

Resep aneka sambal khas Jawa Barat yang pertama adalah sambal dadak. Jenis sambal ini cukup populer karena namanya yang berarti baru dibuat. Keunikan sambal ini juga bukan hanya pada namanya namun juga rasa serta cara membuatnya. Sambal ini juga sering disajikan di warung-warung makan agar dapat dinikmati oleh orang-orang.

Kepraktisan dari sambal dadak membuat penjual tidak perlu repot-repot artinya sambal ini akan langsung dibuat ketika ada yang memesan. Sehingga sambal akan terasa lebih segar. Selain itu sambal ini juga dibuat dengan mencampurkan irisan jeruk limo untuk menjaga kesegarannya.

Kamu bisa menikmati sambal ini dengan makanan apapun, namun kebanyakan menikmatinya dengan lauk ayam goreng atau ikan asin goreng yang baru dimasak. Kamu bisa membuatnya karena cukup mudah dengan resep di bawah ini.

Bahan yang dibutuhkan yaitu 3 butir bawang merah, 5 buah cabe merah dan cabe rawit sesuaikan ukurannya atau bagi yang suka pedas bisa menambah jumlahnya, terasi bakar cukup 1 sendok teh saja, 1 sendok teh garam, gula merah sebanyak 30 gram, tomat 1 buah dan dipotong-potong, serta irisan atau air jeruk limo.

Cara membuatnya yaitu ulek semua bahan yang sudah disediakan seperti bawang merah, cabe merah, cabe rawit, terasi, gula merah, dan garam. Kemudian setelah dirasa cukup halus tambahkan tomat merah dan ulek sampai halus. Terakhir dari resep aneka sambal khas Jawa Barat yaitu sambal dadak ini adalah menambahkan irisan jeruk limo atau air perasannya saja.

Ketika menyantap resep sambal satu ini kamu akan langsung ketagihan dan ingin menambah makan terus. Rasa gurih, sedikit manis, serta kesegaran dari jeruk limo akan meninggalkan kesan untuk para penikmatnya. Apalagi jika dinikmati saat dalam kondisi cuaca yang dingin maka akan tambah nikmat.

Aroma Menyengat dari Sambar Cikur

Resep sambal selanjutnya ini juga tidak kalah nikmat dan enak karena bahan yang digunakan juga cukup berbeda yaitu kencur. Salah satu rempah Indonesia ini memang cukup jarang digunakan bagi sebagian besar masakan namun ternyata memiliki rasa yang unik bagi masakan.

Bahkan banyak yang mengatakan bahwa daerah Jawa Barat paling sering menggunakan salah satu rempah-rempah ini. Resep aneka sambal khas Jawa Barat dari Sunda ini memang memiliki aroma yang sangat menyengat dan biasanya membuat orang tergiur dan ingin segera menyantapnya.

Kencur memang memiliki aroma khas nya dan ini adalah bahan utama dari resep sambal khas Sunda tersebut. Banyak yang menyukai sambal unik ini dan akan meninggalkan kesan baik. Bahan yang digunakan untuk membuat resep sambal ini juga terbilang sederhana yaitu cabai rawit sesuai selera dan tingkat kepedasan kamu.

2 siung bawang merah dan 1 siung bawang putih, bahan utama kencur sebesar 1 ruas, ½ sendok teh terasi yang sudah dibakar, ½ butir tomat, jeruk limau ½, garam dan gula sesuai selera. Meskipun penggunaan dari bahan utama hanya sedikit tapi memiliki rasa yang cukup kuat ketika dimakan.

Cara membuatnya resep aneka sambal khas Jawa Barat ini adalah sebagai berikut.

  1. Cuci bersih semua bahan satu persatu.
  2. Haluskan semua bahan dengan menguleknya akan tetapi untuk tomat dan terasi biarkan diulek terakhir agar aromanya lebih sedap.
  3. Setelah tingkat kehalusan yang diinginkan kemudian peras jeruk limau di atasnya untuk menambah kesegaran.

Sambal Berwarna Hijau Menggoda Sambal Cibiuk

Sambal ditandai dengan rasa pedas yang sangat menggugah selera ketika makan. Maka resep aneka sambal khas Jawa Barat selanjutnya juga terasa pedas. Namun kali ini warna sambal berbeda dengan dua jenis sambal di atas karena sambal ini berwarna hijau yang menggoda yaitu sambal cibiuk.

Sama seperti sambal dadak di atas yang tidak digoreng, sambal cibiuk juga tergolong dalam sambal mentah. Jenis sambal ini dapat dengan mudah ditemukan di kota Garut. Meski berwarna hijau dan berbeda dengan sambal lain namun bahan yang digunakan tidak jauh berbeda.

Alat yang digunakan pun hanya ulek dan dapat dinikmati dengan banyak makanan sebagai bahan pendukung dari ayam goreng, ikan goreng, sampai kerupuk. Bahkan banyak juga yang makan hanya dengan nasi putih dan sambal juga sudah sangat nikmat. Di bawah ini adalah resep aneka sambal khas Jawa Barat berwarna hijau ini.

Bahan yang digunakan kali ini adalah menyiapkan cukup banyak cabe hijau atau cabe rawit hijau atau bisa dengan mencampurkan keduanya. Warna hijau pada sambal datang dari bahan utama ini. Bahan lain yaitu 2 buah tomat hijau, bawang merah 2 butir, bawang putih 1 siung, daun kemangi sebanyak 1 genggam, 1 cm kencur, 1 sdt terasi, garam dan gula masing-masing ½ sendok teh.

Langkah membuatnya sama seperti kebanyakan sambal mentah yaitu campurkan dan ulek sampai halus semua bahan di atas. Tingkat kehalusan juga menyesuaikan kebutuhan dan selera masing-masing orang. Namun untuk daun kemangi dan tomat biarkan dimasukkan terakhir karena tidak perlu terlalu halus.

Ketika sedang makan di warung mungkin tidak banyak warung yang menyediakan berbagai jenis sambal populer di atas ini. Oleh karena itu karena mudahnya bahan yang digunakan sampai pembuatannya maka kamu bisa mencoba membuat sendiri resep aneka sambal khas Jawa Barat yang pedas, gurih dan segar ini.

Karena banyaknya pecinta sambal, sampai-sampai saat ini sambal sudah mulai masuk ke negara lain. Hal tersebut disebabkan karena rasa nikmat dari sambal sungguh tiada duanya. Bahkan banyak yang gila-gilaan terhadap sambal dengan adanya sambal membuat makanan semakin nampol rasanya. Kamu bisa membuat resep aneka sambal khas Jawa Barat lainnya.